INSPIRASI KEHIDUPAN
Copas dari grup tetangga ..........................CERITA SEORANG SAHABAT
DIASPORA DI AMERIKA YG BEKERJA DI CHEVRON, CALIFORNIA*
(sebuah catatan, yg mungkin bagus utk anak-anak Indonesia dan kita sendiri
di lingkungan pekerjaan kita).

*COMPETITION* vs *_COOPERATION_*
Jumat lalu, kedua anak saya menerima *Report Card* dari sekolahnya
Ronald Reagan Elementary School (rapor kalau di Indonesia).
Melihat keduanya mendapat nilai-nilai yang sangat bagus.
Anehnya kok tidak tercantum *info tentang rangking?*,

Saya tergoda bertanya ke salah satu gurunya...
  *“Anak saya ranking berapa, Ms. Batey?”*
Dia balik bertanya, *“Kenapa Anda orang Asia selalu nanya seperti itu?”*



  "Wah, salah apa saya ini....?" kata saya dalam hati.
Dia melanjutkan bicara,  *“Anda kok sangat suka sekali berkompetisi?"* katanya.
  "Di level anak Anda, tidak ada rangking2an...!"
  "Tidak ada kompetisi!" tambahnya.
  *"Kami mengajari mereka tentang 'cooperation' alias kerjasama....!"*
  "Mereka harus bisa bekerja dalam *'team work'"*
  *"Dan mereka harus bisa cepat bersosialisasi dan beradaptasi."*
  *"Mereka harus punya banyak teman!"*
  *"Lebih penting bagi kami untuk mengajari mereka story telling dan bagaimana mengungkapkan isi pikiran dalam bahasa yang terstruktur dan sistematis!"*

  *"Kami mengajari mereka "logika" dalam setiap kalimat yang mereka ucapkan!"*

Dari sini, rupanya kenapa teman2 saya di kantor mentalnya selalu *"How can I help you?*
Hampir tidak pernah saya lihat mereka *jegal-jegalan.*
Dan, di Amrik hampir semua profesi mendapat penghasilan/penghargaan yang layak.
*Tidak harus semua jadi dokter, insinyur atau profesi lain yang terlihat "terhormat" seperti di Indonesia...*

Semua orang boleh mencari penghidupan sesuai *passionnya,*
sehingga semua bidang kehidupan berkembang maju,
*karena diisi orang2 yang bekerja dengan penuh gairah.*
   
Wah…saya jadi ingat, memang pendidikan di negeri saya sangat kompetitif.
Banyak orangtua yang narsis kemudian memajang prestasi anak-anaknya di sosmed. *Wow!*

*Tanpa disadari sebagian dari mereka nanti akan tumbuh menjadi
orang-orang yang terlalu suka berkompetisi dan lupa bekerjasama.*

 Kiri-kanannya dianggap *saingan* bahkan sangat mungkin sebagai *musuhnya?*
*Dirinya harus menjadi yang terbaik!*

     Mending kalau si anak bisa mengembangkan dirinya supaya menang persaingan.
Yang ada,.... kadang mereka justru menunjukkan kebaikan dirinya
dengan *cara menungkapkan kejelekan2 temannya ataupun orang lain...*

*"Kalo bukan kita siapa lagi?"* begitu jargonnya…
 Wuih..., betapa arogannya, seakan-akan fihak lain tidak ada yg bisa!
*Hanya dia sendiri yang mampu!*

*Kemudian yg ada adalah menjadi sakit mentalnya….*
*"Aku menang.....aku menang....!"* begitu suara anak-anak dari sebuah gang di ibukota...
 Entah permainan apa yang mereka menangkan?
*Entah kapan dia sadar, bahwa hidup bukan melulu soal menang atau kalah!*

     The magic words is *"How can I help you...”* ๐Ÿ™๐Ÿ™

Agan lagi membaca artikel tentang INSPIRASI KEHIDUPAN
alamat artikel ini http://ione13.blogspot.com/2017/01/inspirasi-kehidupan.html
Agan boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ini sangat bermanfaat bagi teman-teman agan
namun jangan lupa untuk meletakkan link INSPIRASI KEHIDUPAN sumbernya.

Artikel Terkait : Intermezzo

No comments:

Post a Comment